Sistem Informasi Skripsi (SIS) :: FISIP

INTERAKSI GURU DENGAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) LELEANI 2 LATUHALAT

BEY PIPY LAMATOKAN 201624099

Pembimbing I Dr. JUNUS RAHAWARIN M.Ag
Pembimbing II Drs. VEKY M. L. MANUPUTTY M.Si
Penguji I Dosen FISIP
Penguji II Dosen FISIP

 Abstrak

Bey Pipy Lamatokan : Interaksi Guru Dengan Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Leleani 2 Latuhalat. Pembimbing I Y. Rahanwarin dan Pembimbing II F. Manuputy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan memahami serta menjelaskan bagaimana interaksi guru dengan siswa berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa (SLB) lelani 2 latuhalat,  Penelitian ini dilakukan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Lelani 2 Latuhalat Ambon Maluku. Dan pengambilan data primer pada penelitian ini dilakukan dengan metode pengamatan (observasi) menentukan informan, wawancara (interview) secara langsung, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menenunjukan bahwa interaksi yang terjadi antara guru dengan siswa berkebutuhan khusus dilihat dari bagiamana seorang guru harus dapat memahami karakter dari setiap siswa berkebutuhan khusus, disini peran guru sangat diperlukan untuk menjadi korektor yaitu mengoreksi kepribadian siswa berkebutuhan didalam kelas selanjutnya peran guru sebagai inspirator, peran guru sebagai motivator, peran guru sebagai supervisor, dan evaluator yaitu untuk melakukan penilaian terhadap  kepribadian siswa berkebutuhan khusus dengan cara melihat sejauh mana perubahan sikap dari siswa tersebut. Kata kunci: Interaksi Guru Dengan Siswa Berkubutuhan Khusus

 Abstract

Bey Pipy Lamatokan: Interactions of Teachers with Special Needs Children at Leleani 2 Latuhalat Special School (SLB). Supervised by: Y. Rahanwarin and F. Manuputy.. This study uses a qualitative approach that aims to determine, understand and explain teachers' interaction with children with special needs in special schools (SLB) Lelani 2 Latuha!at, This research took place at Lelani 2 Special School (SLB) Latuhalat Ambon Maluku. Additionally, primary data in this study were collected by the methods of observation, determining informants, interviews, and documentation.. The result of this research shows that the interactions between teachers and Special Needs Children are observed how the teacher must understand each special needs child's personality, then ptay the role of 'corrector' and correct their personalities..The other roles that the teachers play are inspirator, motivator, supervisor and evaluator, namely to conduct an assessment of the personality of children with special needs by looking at the extent of changes in the attitudes of these children. Keywords: Teacher Interaction with Special Needs Student

 Daftar Pustaka

Basrowi, 2005.Pengantar sosiologi, Ghalia Indonesia, Jakarta. 

Agung Riadin, Misyanto, &Dwi Sari Usop, 2017. Karakteristik anak berkebutuhab khusus di sekolah dasar negeri (inklusi ) di Kota PalangkaRaya, Anterior Jurnal, Vol17, No 1. 

Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis  ke Arah Ragam Varian Kontemporer, Rajawali Pers, Jakarta. 

George Ritzer dan Douglas J. Goodman, 2008 “Teori Sosiologi Moderen Prenada Media Grup, Kencana, Jakarta. 
Herdiansyah, H. (2013). Wawancara, Observasi dan Focus Group sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Rajawali Pers, Jakarta. 

Iskandar, 2009.Metodelogi Penelitian Kualitatif. Gaung Persada Press, Jakarta. 

Ika Leli Erawati, Sudjarwo, Risma Margareta Sinaga, 2017. Pendidikan Karakter Bangsa Pada Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Pendidikan Inklusif, Jurnal Studi Sosia, Vol 4, No 1. 

Goode Wiliam J, 2007. Sosiologi Keluarga, Bumi Aksara, Jakarta. 

Miles Mathew dan Huberman A Michael, 1992, Analisa Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru, UI Press, Jakarta. 

Moleong, Lexy, 2005 .Metode penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung. 

Imelda Dwi Yohana,Andi Setyawan. September 2017. Pola interaksi guru dengan anak didik pada sekolah dasar Model Ingklusi. Kajian Komunikasi.Volume 4. 

https://iainpspblog.blogspot.com/2009/02/Makalah-guru-sebagaipendidikan.html?m=1

https://id.m Wikipedia. Org/wiki/Anak berkebutuhan khusus 

Subagio, 2004.Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta. 

www.kemenpppa.go.id( pengertian tentang anak berkebutuhan khusus) 

www.alodokter.com (pengertian tentang anak berkebutuhan khusus) 

https://core.ac.uk/download/pdf/76939829.pd (pengertian autisme dan tunadaksa) 

http://eprints.umm.ac.id/35628/3/jiptummpp-gdl-septriefik-49346-3-babii.pdf (tentang pengertian anak berkebutuhan kshusus) 

http://digilib.uinsby.ac.id/448/5/Bab%202.pdf (pengertian penerimaan orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus) 

https://www.emc.id/id/care-plus/kenali-ragam-disabilitas-laindanpenanganannya.(pengertian peran

 File PDF skripsi_201624099.pdf


 
Next Prev