ANALISIS MUTU PELAYANAN PUBLIK BPJS KESEHATAN DI RSUD DR. M. HAULUSSY AMBON
YUDITH. I. PESIWARISSA 201522014
Pembimbing I Dr. Dra. PETRONELA SAHETAPY M.Si
Pembimbing II Dr. HENGKI V. R. PATTIMUKAY S.Sos, M.Si
Penguji I Dr. PIETER JACOB PELUPESSY M.Si
Penguji II Dr. STANISLAUS K OHOIWUTUN M.Si
Abstrak
ABSTRAK
Yudith. I. Pesiwarissa : Analisis Mutu Pelayanan Publik BPJS Kesehatan Di RSUD Dr. M. Haulussy Ambon. Pembimbing I Drs. P. Sahetapy, M.Si dan Pembimbing II Dr. H. V. R. Pattimukay, S.Sos,.M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendekripsikan Mutu Pelayanan Publik BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. M. Haulussy Ambon dilihat dari teori standar mutu pelayanan jasa menurut Groonros (dalam Tjiptono 2011) yaitu Profesionalisme and skill (Profesionalisme dan keahlian), Attitudes and behavior (Sikap dan Perilaku), Accessbility and flexibility (Kemudahan pencapaian dan penyesuian pelayanan), Realibility and trustworthiness (Kehandalan dan kepercayaan), Recovery (Pengendalian situasi dan pemecahan masalah), Reputation and credibility (Nama baik dan dapat dipercaya). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Informan berjumlah 22 orang yaitu pasien atau keluarga pasien yang memperoleh pelayanan, Kabag Pelayanan BPJS Kesehatan sebagai yang mengetahui segala proses dan kondisi pelayanan oleh pegawai di loket pelayanan, salah satu Pegawai loket bagian pelayanan BPJS Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. M. Haulussy Ambon. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari informan sedangkan data sekunder bersumber dari data yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. M. Haulussy Ambon, dokumen-dokumen yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti.
Hasil penelitian menunjukan bahwa mutu pelayanan BPJS Kesehatan di RSUD Dr. M. Haulussy Ambon secara umum sudah berjalan baik, meskipun masih ada beberapa hal yang mesti diperbaiki seperti sikap yang kurang ramah dari petugas pelayanan BPJS Kesehatan yang masih muda dan yang masih baru, Kehandalan dan kepercayaan terhadap petugas administarsi pelayanan BPJS Kesehatan yang masih belum maksimal, masih perlu untuk ditingkatkan lagi.
Kata kunci : Mutu pelayanan, BPJS Kesehatan, Rumah Sakit
Abstract
ABSTRACT
Yudith. I. Pesiwarissa: Analysis of the Quality of Social Health Insurance Administration Body (BPJS) at General Hospital Dr. M. Haulussy Ambon. Adviser by : . P. Sahetapy and H. V. R. Pattimukay.
This study aims to determine and describe the Quality of Public Service of Social Health Insurance Administration Body (BPJS) at General Hospital Dr. M. Haulussy Ambon seen from the theory of service quality standards according to Groonros (in Tjiptono 2011) namely professionalism and expertise, attitudes and behavior, accessibility and flexibility, reliability and trustworthiness, recovery, reputation and credibility. The research method used is descriptive qualitative with the number of informants 22 people, namely patients or families of patients who receive services, the Head of BPJS Health Services as those who know all the processes and conditions of service by employees at the service counter, one of the employees of the BPJS Health service at the General Hospital Dr. M. Haulussy Ambon. Sources of data used are primary data obtained directly from informants and secondary data sourced from existing data at the General Hospital Dr. M. Haulussy Ambon, as well as documents related to problem to be investigated.
The results showed that the quality of BPJS Health services at General Hospital Dr. M. Haulussy Ambon has been going well, although there are some things that must be improved, such as the unfriendly attitude of service officers, reliability and trust in Health service administration officers which are not optimal, so it needs to be improved again.
Keywords: Quality of service, Social Health Insurance Administration Body (BPJS) , General Hospital.
Daftar Pustaka
DAFTAR PUSTAKA
File PDF skripsi_201522014.pdf
Next
Prev