KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN SERTIFIKAT TANAH DI KANTOR PERTANAHAN KOTA AMBON
DINA 201822041
Pembimbing I Dr. Dra. PETRONELA SAHETAPY M.Si
Pembimbing II Dr. HENDRY SELANNO S.Sos, M.Si
Penguji I Dra. RUGAYA ALHAMID M.Si
Penguji II JULIA TERESIA PATTY SS, MM
Abstrak
ABSTRAK
Dina : Dengan Judul Skripsi Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Sertifikat Tanah di Kantor Pertanahan Kota Ambon didampingi Pembimbing I : Dr. Petronela Sahetapy, M.Si dan Pembimbing II : Dr. Hendry Selanno, S.Sos, M.Si.
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana kinerja pegawai dalam pelayanan sertifikat tanah di Kantor Pertanahan Kota Ambon khususnya dalam pelayanan sertifikat tanah sehingga terwujudnya upaya pemenuhan kebutuhan dan keperluan masyarakat untuk kepuasan masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jenis penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Sertifikat Tanah Di Kantor Pertanahan Kota Ambon. Sumber data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui wawancara sedangkan data sekunder di peroleh dari dokumen-dokumen, maupun arsip resmi yang dapat didukung dengan kelengkapan data primer.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pegawai di Kantor Pertanahan Kota Ambon dalam memberikan pelayanan sertifiakat tanah sudah sesuai dengan indikator kinerja yaitu, kualitas kerja, ketetapan waktu, inisiatif, kemampuan dan komunikasi. Dalam pelaksanaannya pegawai kantor Pertanahan Kota Ambon sudah meleksanakan tugas dan fungsinya semaksimal mungkin dilihat dari kualitas dan kuantitas pencapaian kerja pegawai dan kedisiplinannya dalam melayani masyarakat serta sikap pegawai yang ramah dan dapat menciptakan komunikasi yang baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Sertifikat Tanah Di Kantor Pertanahan Kota Ambon berjalan dengan baik walaupun masih ada sedikit kendala tetapi masih bisa tertangani karena pegawai di kantor pertanahan sudah melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan standar operasional prosedur yang diterapkan.
Kata Kunci : Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Sertifikat Tanah
Abstract
ABSTRACT
Dina : Performance of Employee in providing land certificate services at the Ambon City Land Affairs Agency. Supervisor by : Petronela. Sahetapy and Hendry Selanno.
This study aims to determine the performance of employees at the Ambon City Land Affairs Agency, specifically in land certificate services so that efforts to fulfill the needs the community are realized in accordance with applicable regulations. This type of research is descriptive qualitative research, namely research that aims to provide an overview of Employee Performance in providing land certificate services at the Ambon City Land Affairs Agency. Data sources consist of primary data obtained through interviews and secondary data obtained from documents, records, and official archives that can support the completeness of primary data.
The results showed that the performance of employees at the Ambon City Land Affairs Agency in providing land certificate services was in accordance with performance indicators, namely, work quality, timing, initiative, ability and communication. In its implementation Ambon City Land Affairs Agency employees, have carried out their duties and functions to maximum, seen from the quality and quantity of employee work achievements and their discipline in serving the community as well as friendly, good attitudes and create good communication. Based on the results of this study, it shows, the performance of employees at the Ambon City Land Affairs Agency is going well even though there are obstacles but they can still be handled because employees have carried out their duties and functions in accordance with standard operating procedures applied.
Keywords: Employee Performance, Service, Land Certificate
Daftar Pustaka
DAFTAR PUSTAKA
Aartje Tehupeiory,2012, Pentingnya Pendaftaran Tanah Di Indonesia, Raih Asa Sukses, Jakarta.Achmad S Rucky,2001, Sistem Manajemen Kinerja. Panduan Praktis Untuk Merancang Dan Meraih Kinerja Prima, Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Amin Ibrahim, 2008, “Teori dan Konsep Pelayanan Publik serta Implementasinya: Bandung, Mandar Maju. Halaman 19-20Gibson, et al,1995. Organisasi dan Manajemen, edisi keempat, Jakarta: Erlangga.Hessel Nogi S. Tangkilisan, 2005. Manajemen Publik. PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta
File PDF skripsi_201822041.pdf
Next
Prev