IMPLEMENTASI STANDAR PELAYANAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN BURU KOTA NAMLEA
RINALDI GUSPAMI WABULA 201723008
Pembimbing I Dr. Drs. WAHAB TUANAYA M.Si
Pembimbing II MUHTAR . S.Sos, MA
Penguji I Drs. SUKUR SOASIU M.Si
Penguji II FATIMAH SUATRAT S.Sos, M.I.Pol
Abstrak
Rinaldi Guspami Wabula: Implementasi Standar Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buru Kota Namlea. Pembimbing I : Dr. Wahab Tuanaya, M.Si Pembimbing II : Muhtar, S.Sos, MA. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Implementasi Standar Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buru Kota Namlea. Metode penelitian ini yaitu pada jenis penelitian deskripsi dan kualitatif, fokus penelitian ini adalah Bagaimana implementasi standar pelayanan yang di berikan kepada pasien di rumah sakit umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standar pelayanan yang di berikan oleh pegawai kepada pasien atau masyarakat. Metode penelitian yang di pakai yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Data yang di peroleh di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buru Kota Namlea yaitu masyarakat 5 orang dan direktur RSUD 1 orang. Hasil penelitian ini adalah Implementasi Standar Pelayanan Rumah sakit sudah sangat baik dalam memberikan pelayanan, meski ada sebagian individu/oknum yang kurang profesional dalam pekerjaanya.
Kata kunci : Implementasi, Standar Pelayanan, RSU
Abstract
Rinaldi Guspami Wabula: The Implementation of Service Standards for the Regional General Hospital of Buru Regency, Namlea City. Supervised by: Wahab Tuanaya and Muhtar. This study aimed to describe the implementation of service standards for the regional general hospital of Buru Regency, Namlea city. The research method was descriptive and gualitative research, which focused on how the implementation of service standards was provided to the patients in this hospital in order to find out the standard of service provided by the employees to the patients. The research method used was the observation, interview, and documentation. The data obtained were from 5 patients and one director of this hospital. The results of this study revealed that the implementation of standards service provided in this hospital has been good, although there were some individuals who showed less professionalism in their work performance.
Keyword: Implementation, Service Standard, Regional General Hospital
Daftar Pustaka
Amelia Kurniati, S. M. (2009). Edisi Indoneisa 1. Singapore: ELSEVIER.
Arwin & Heru, 2. (2009). Undang-Undang Kesehatan RI. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI, 2009.
Barata, A. A. (2007). Loyalitas Pelanggan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, Gramedia, Jakarta.
Dwyanto, A. (2017). ISBN 97427756. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Handoko, S. d. (2005). Kepuasan Pasien Konsumen. Denpasar: Depkes RI 2005.
Lena, F. E. (2018). Fasilitas Kesehatan. Pemberian Fasilitas Kesehatan dari Pemerintah, Yogyakarta.
Muhamad, M. (2011). Pelayanan Kesehatan. Strategi Pelayanan Unit VIP Rawat Inap Rumah Sakit PKU Muhamadiyah,
Nova, R. F. (2010). Pasien Rawat Inap. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap, RS PKU Muhamadiyah Surakarta.
Pelayanan Publik Di Rumah Sakit. (Oktober). Yogyakarta: Prof. Dr. Soepomo, S.H.
Sinambela, L. P. (2008). ISBN/ISSN 9795261843. Jakarta: Bumi Akasa.
Wulandari, A. R. (2018). Kepuasan Pasien. Kepuasan Pasien Terhadap Pengendalian Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit, RS HAJI MAKASSAR
File PDF skripsi_201723008.pdf
Next
Prev