POLA KOMUNIKASI ANTARA GURU DAN ORANG TUA DALAM PROSES BELAJARANAK DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI
MARYANA BARAGAIN 201522204
Pembimbing I FATMAWATY RUMRA S.Sos, M.Si
Pembimbing II Yuniar Waliulu S.Sos, M.I.Kom
Penguji I Yuniar Waliulu S.Sos, M.I.Kom
Penguji II Yuniar Waliulu S.Sos, M.I.Kom
Abstrak
ABSTRAK
Maryana Baragain: Pola Komunikasi antara Guru dan Orang Tua dalam ProsesBelajar Anak Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri 78 Ambon. Pembimbing I: Fatmawati Rumra dan Pembimbing II: Johana Nahuwai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untukmengetahui bagaimana cara atau pola komunikasi antara guru dan orang tuadalam proses pembelajaran anak secara daring dimasa pandemi gunamemenuhi kelancaran proses belajar online anak didik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 78 Ambon, Maluku. Pengumpulan dataprimer dilakukan dengan teknik wawancara mendalam terhadap beberapainforman yang dianggap terlibat dalam penelitian ini. Sedangkan pengumpulandata sekunder diperoleh dari dokumen, artikel, dan buku yang mendukung. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat beberapa kendala yang dialamioleh murid, guru, dan orang tua dalam kegiatan belajar mengajar online: Bahwadari keempat indikator hanya satu indikator saja yang berjalan kurangmemuaskan, namun dapat berdampak pada ketiga indikator yang lainnya, karenakeempat indikator ini saling berkaitan satu sama lainnya. Indikator keterbukaanmisalnya, yang dimana orang tua masih segan jujur dan terbuka akan keadaandan situasi anak dalam keluarga, entah karena malu atua sibuk dengan aktivitassehari-hari sehingga lalai bahkan lupa akan proses pendidikan dan keadaan anakdirumah, Indikator ini sangat berpengaruh kaitannya dengan indikator kerjasama, yang dimana keduanya kalau berjalan bersamaan dan tidak ada kendala padasalah satunya maka prosesnya akan berjalan dengan baik, sebaliknya jika salahsatu bermasalah tentunya akan prosesnya pun mengalami kendala yang tidakingin diharapkan. ini tentunya berpengaruh pada jalan kerjasama antara guru danorang tua dalam proses pembelajaran anak dirumah. Ini menunjukan bahwatingkat kerjasama dan dukungan kepada guru dari orang tua siswa belumlahmaksimal dan tentunya berpengaruh pada hasil belajar anak.
Kata kunci: Pola Komunikasi Guru dan Oran
Abstract
ABSTRACT
Maryana Baragain: Communication Patterns between Teachers and Parentsin the Learning Process of Students during the Covid-19 Pandemic at SDNegeri 78
Ambon. Supervised I by Fatmawati Rumra and Supervised IIby Johana Nahuwai. This qualitative descriptive research aims to find out the patternsof communication between teachers and parents in the online learningprocess of children during the pandemic to meet students' smooth onlinelearning process. The research was conducted at SD Negeri 78 Ambon, Maluku. Primary datawas collected by in-depth interviews with some informants who were involvedin this research, while the secondary data was obtained from supportingdocuments, articles, and books. The results of the study explained that several obstacles experienced bystudents, teachers, and parents in online teaching and learning activities: itcan be seen that of the four indicators only one indicator runs lesssatisfactorily, but can have an impact on the other three indicators, becausethese four indicators are related to each other. Indicator of openness forexample, which parents are still reluctant to be honest and open to thecircumstances and situations of children in the family, either because ofshame or busy whit daily activities so neglect to even forget the educatioanalprocess and circumstances of the child at home. This indicator is veryinfluential in relation to the cooperation indicator, which is where both ifrunning simultaneously and there are no obstacles to one of them then theprocess will run well, on the contrary if one of the problems will centainly bethe process they also have abstacles that you don’t want tho expect. Thiscertainly affects the way of cooperation between teachers and parents in thelearning process of children at home. This shows that the level of cooperationand support to teachers from parents of students has not been maximal and ofcourse, it affects the child’s learning outcomes.
Keywords: Communication Patterns Between Teachers An
Daftar Pustaka
DAFTAR PUSTAKA
Akbar, hawadi,2010. menguatkan bakat anak.Jakarta: Grasindo, h 43. Budyatna dan Nina Mutmainah, 1994. komunikasi antar pribadi, Jakarta, universitas terbuka cet.kel-1
Badudu Js, 1994, kamus besar bahasa indonesia, Jakarta,Puataka sinar
harapan
Depertemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa
Indonesia,edisi k-3 Jakarta, balai pustaka
De Vito, J.A.(2007).The Interpersonal Communications book,USA:Pearson
education
Effendi, Onong uchjana, Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung, Remaja Rosdakarya,2002
______,2000. Ilmu komunikasi teori dan praktek, Bandung, Remaja
Rosdakarya
______,1992. Dinamika komunikasi, hlm, 6. Bandung PT Remaja Rosdakarya
H.Hafied Cangara, 2004. pengantar ilmu komunikasi, Jakarta; Rajawali pers
Haris Hardiansyah, 2004“Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Ilmu-ilmu
Sosial”. Jakarta: Salemba Humanika. Jumroni, 2006. metode-metode penelitia komunikasi, Jakarta: uin Jakarta
press
Kareba: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 9 No. 1 Januari - Juni 2020, 170-182
pISSN: 2088-4117. eISSN: 2528- 2891.&journal.unhas.ac.id/index.php/kabera. Komala, lukiati. 2009. ilmu komunikasi: perspektif, proses, dan konteks, Bangdung, Widya Padjajaran
73
Koesoema, doni pendidik karakter, (Grasindo) masidjo, 1995. penilaian
pencapaian hasil belajar siswa di sekolah, Yogyakarta: kanisius
Marheani Fajar, 2009, ilmu komunikasi & praktik, hlm 31. Yogyakarta; Graha
ilmu
Moleong, lexy, 2007. metode penelitian kualitatuf, Bangdung, remaja
rosdakarya cet.ke-4, Morrisan dan andy corry. 2009. Teori komunikasi, ghalia Indonesia, cet. Ke-1
Mulyana, rahasia menjadi guru, (Jakarta: grasindo)
Nurudin, 2004. sistem komunikasi Indonesia, (Jakarta, rajawali pers)
Pontoh, W. P. 2013. Peranan komunikasi interpersonal guru dalam
meningkatkan pengetahuan anak. Jakarta: Acta Diurna, 1(1), 1-11. Purandina, I.P.Y.2020b. pendidikan karakter tumbuh subur dilingkungan
keluarga selama pandemi covid-19. Perspektif pendidikan. Jakarta: yayasan
kita menulis (99-144). Rohim, syaiful, 2009. Teori komunikasi: perspektif, ragam, & aplikasi. Jakarta:
rineka cipta
Roudhonah, 2007. ilmu komunikasi, Jakarta: Uin press, cet. Kel-1
Susanto, astrid, 1980. komunikasi dalam teori dan praktek, Jakarta, bina cipta, cet.ke-3
Sugiyono, 2014.metode penelitian kualitatif,kuantitatif dan R&D. Bandung; CV
Alfabeta
Tubs, stewart L dan moss, Sylvia. 2000. Human Comm, Penerjemah Deddy
Mulyana, Bandung, Remaja Rosdakarya
Wets, Richard & Lynn H. Turner, 2007. Introducing Communication theory
Third Edition. Singapora: The McGrow Hill companies
Wanayno suyakmad, 1986. Pengantar Penelitian Ilmiah, bandung, tarsiti, cet. Ke-7
74
Wiryanto, pengantar, 2004. Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT Gramedia
Widiasarana Indonesia cet.ke-1
Yanti, M.M., & Rivaie,W. (2013). kerja sama guru dan orang tua guna
Meningkatkan Hasil belajar siswa. jurnal pendidikan dan pembelajaran. Jakarta,Erlangga
UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru Dosen pasal 1 ayat 1
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 “Tentang Sistem Pendidikan
Nasional.” Jakarta. W.w.w.liputan6.com edisi senin (18/01/2021) Jakarta
File PDF skripsi_201522204.pdf
Next
Prev