PENGEMBANGAN SDM DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA APARATUR DI KECAMATAN AMAHAI KABUPATEN MALUKU TENGAH
WINDI HUWAE 201523019
Pembimbing I Drs. VICTOR S RUHUNLELA M.Si
Pembimbing II HATTY SUAT S.IP, M.Si
Penguji I Drs. SUKUR SOASIU M.Si
Penguji II MUHTAR . S.Sos, MA
Abstrak
Windi Huwae: Pola Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Aparatur Di Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah. Pembimbing I : Drs. Victor Sanjak Ruhunlela , Pembimbing II : Hatty Suat. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah, yang menggunakan variabel tunggal (monovariat), dengan menjadikan narasumber sebagai informan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa : Pengembangan yang dilakukan di Kantor Kecamatan Amahai terhadap para Aparatur Sipil Negara, yang bekerja di Kantor Kecamatan Amahai belum optimal berdampak terhadap kinerja mereka dalam melayani warga masyarakat di Kecamatan Amahai. Hal ini dilihat dari pelayanan publik para para Aparatur Sipil Negara di Kantor Kecamatan Amahai khususnya dalam pelayanan perizinan dan pelayanan non perizinan dari sisi waktu masih tidak efektif dan efesien. Pasalnya tidak dalam jangka waktu 1 sampai 2 hari melainkan 3 sampai dengan satu minggu. Para para Aparatur Sipil Negara yang bekerja di Kantor Kecamatan Amahai belum memadai. Hal ini dikarenakan rata-rata dari mereka adalah lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Sementara para para Aparatur Sipil Negara yang bekerja di Kantor Kecamatan Amahai dengan lulusan sarjana dan diploma jumlahnya minim. Akibatnya kinerja para para Aparatur Sipil Negara tidak maksimal. Kondisi ini, yang kemudian turut berdampak kepada belum maksimalnya pemberian pelayanan publik kepada warga masyarakat di Kecamatan Amahai. Program pengembangan sumber daya manusia para Aparatur Sipil Negara di Kantor Kecamatan Amahai dilakukan melalui proses rekrutmen, pembinaan, dan pemberian motivasi, disamping model program pengembangan lainnya. Namun ternyata program pengembangan sumber daya manusia para Aparatur Sipil Negara itu, belum optimal. Sebab pola rekrutmen khususnya dalam penempatan para Aparatur Sipil Negara di Kantor Kecamatan Amahai masih banyak lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Begitu pula para pimpinan di Kantor Kecamatan Amahai, yang memiliki tugas dan tanggungjawab untuk melaksanakan program pengembangan sumber daya manusia belum juga optimal dalam melakukan proses pembinaan. Kinerja para para para Aparatur Sipil Negara yang bekerja di Kantor Kecamatan Amahai masih dalam kategori cukup memuaskan. Hal ini dikarenakan, belum optimalnya proses pembinaan yang dilakukan para pimpinan Kecamatan Amahai terhadap para para Aparatur Sipil Negara yang bekerja di Kantor Kecamatan Amahai baik itu dari sisi pengembangan sumber daya manusia melalui proses rekrutmen, pendidikan dan pelatihan, pendidikan formal, magang, kursus dan berbagai bentuk pengembangan sumber daya manusia lainnya.
Kata-kata kunci : Pengembangan Sumber Daya Manusia, Peningkatan Kinerja Aparatur
Abstract
Windi Huwae : The Pattern of Human Resource Development in an Effort to Improve Apparatus Performance in Amahai District, Central Maluku Regency. Supervisor I: Drs Victor Sanjak Ruhunlela ., Supervisor II: Hatty Suat This research was conducted at the Amahai District Office, Central Maluku Regency, which uses a single variable (monovariate), by making the informant an informant. From the results of the study showed that The development carried out in the Amahai District Office against the State Civil Apparatus, who work in the Amahai District Office has not optimally impacted their performance in serving the community members in the Amahai District. This is seen from the public services of the State Civil Apparatus in the Amahai District Office, especially in licensing services and non-licensing services in terms of time which are still ineffective and inefficient. The reason is not within a period of 1 to 2 days but 3 to one week The State Civil Apparatus working in the Amahai District Office is inadequate. This is because on average they are high school graduates. While the State Civil Apparatus working in the Amahai District Office with bachelor's and diploma graduates is minimal. As a result, the performance of the State Civil Apparatus is not optimal. This condition, which then contributed to the non-maximization of the provision of public services to residents in the Amahai Distric The human resource development program for the State Civil Apparatus in the Amahai District Office is carried out through the process of recruitment, coaching, and providing motivation, in addition to other development program models. But apparently the human resources development program of the State Civil Apparatus, has not been optimal. Because the pattern of recruitment, especially in the placement of the State Civil Apparatus in the Amahai District Office, there are still many high school graduates. Likewise the leaders in the Amahai District Office, who have the duties and responsibilities to carry out human resource development programs, have not been optimal in conducting the coaching process. The performance of the State Civil Apparatus working in the Amahai District Office is still quite satisfactory. This is because, the training process by the leaders of the Amahai Subdistrict has not been optimal for the State Civil Apparatuses working in the Amahai District Office both in terms of human resource development through recruitment, education and training, formal education, apprenticeship, courses and various other forms of human resource development
Key words : Human Resources Development, Apparatus Performance Improvement
Daftar Pustaka
A Parasuraman, valarie A. Zeithmal, Leornard L. Berry, 1990, “Delivering Quality Service : Balancing Customer Perception and Expectations” (The Free Press)
A. Potter, & Perry, A. G. 2006. Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, Dan Praktik, edisi 4, Volume.2. Jakarta.
Alexis S. Tan. 1981. Mass Communication Theories and Research. Grid Pub.
Arifin, Anwar. 1984. Strategi Komunikasi. Armico. Bandung.
Asmadi. 2005. Konsep Dasar Keperawatan. Edited by E. A. Mardella. Buku.Kedokteran EGC
Baskin, O.W. & Aronoff, C.E. 1980. Interpersonal Communication in Organizations Santa Monica, Cal.: Goodyear Publishing Company, Inc.
Baran, Stanley J. 2012. Pengantar Komunikasi Massa Jilid 1 Edisi 5. Erlangga. Jakarta
Burch, John G. and Gary Grudnitski. 1989. Information System Theory and Practice, 5th edition,. John Wiley & Sons, Inc., Canada
Cangara, Hafied. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajawali Pers. Jakarta
Carpenito, Lynda Juall. 2000. Buku Saku Diagnosa Keperawatan. Alih Bahasa. Tim Penerjemah PSIK UNPAD. Editor Monica Ester, Edisi. 8.Jakarta
Carnegie, Dale & Associates. 2011. How to Wind Friends & Influence People in the Digital Age. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Dedi Kusuma Habibie, 2018. Dwi Fungsi Media Massa. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 7, No. 2, Desember 2018.
Denhardt, V Janet dan Robert B. Denhardt. 2003. The New Public Service: Serving, not Steering. New York : M.E Sharpe, Armonk.
Depdagri-LAN.2007. Modul Kebijakan Pelayanan Publik, Diklat Teknis Pelayanan. Depdagri.
DeVito. J. A. 1986. The Communication Handbook: A Dictionary. Harper & Row. Michigan.
Effendy, Onong Uchjana. 1993. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Bakti. Bandung.
Effendy, Onong Uchjana. 1989. Kamus Komunikasi. PT. Mandar Maju. Bandung.
Effendy, Onong Uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Prakteknya, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Emilsyah Nur. 2021. Peran Media Massa dalam Menghadapi Serabuan Media Online, Jurnal Masalah Ilmiah Semipopuler Masalah Komunikasi Massa, Vol. 2 No. 1 Juni 2021,
File PDF skripsi_201523019.pdf
Next
Prev