Sistem Informasi Skripsi (SIS) :: FISIP

EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BURU SELATAN

THEA FERDINANDUS 201622215

Pembimbing I Dra. WAHYU FATTIMA CHANIAGO MP
Pembimbing II IVONNY YEANY RAHANRA M.Teol
Penguji I Dr. ELSINA TITALEY M.Si
Penguji II Dra. SYANE MATATULA M.Si

 Abstrak

Thea Ferdinandus: Efektivitas Pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kbupaten Buru Selatan. Pembimbing I : W.F. Chaniago dan Pembimbing II : Ivonny.Y.Rahanra Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan Kualitas Pelayanan Public pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DINDUKCAPIL) Kabupaten Buru Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buru Selatan, Provinsi Maluku. Pengambilan data primer dilakukan melalui wawancara terhadap sejumlah informan yang dianggap terlibat secara langsung dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kinerja Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Buru Selatan belum memenuhi efektivitas sebuah pelayanan publik. Menurut (Ratminto dan Atik Winarsih, 2006:22) yang menyatakan bahwa penyelenggaraan pelayanan publik harus memenuhi beberapa prinsip sebagai berikut diantaranya yaitu : Kesederhanaan, kejelasan, ketepatan waktu, dan kelengkapan sarana- prasarana. Ke-empat prinsip ini yang menjamin sebuah mutu peleyanan yang efektifitas. Kata Kunci : Efektivitas, Pelayanan Publik

 Abstract

Thea ferdinandus : The Effectivennes of public services at the Buru Selatan Regency population and Civil Registration Agency. Supervised by W . F . Chaniago and Ivonny Y . Rahanra. This qualitative descriptive research aims to describe the quality of public services at the Buru Selatan Regency Population and Civil Registration Agency ( Dindukcapil). The research Was conducted at the Buru Selatan Regency Population and Civil Registration Agency , Maluku. Primary data was collected through in-depth interviews with some informants directly involved in this study. The results Showed that the Performance of services at the Buru Selatan Regency Population and Civil Registration Agency had not fullfiled the effectiveness of Public Service. The implementation of public services has not fullfiled the principles of simplicity, clarity, timeliness, and completeness of infrastructure. These four principles ensure an effective quality of service. Keywords : Effectiveness, Public Service

 Daftar Pustaka

Agus Dwiyanto. 2006. Mewujudkan God Geovenace Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Ugm Press.

Anwar Prabu Mangku Negara. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Batinggi, Achmad. 1999: Manajerial Pelayanan Umum. Jakarta: Universitas Terbuka.

Eny Kusdarini, 2011, Dasar-Dasar Hukum Administrasi Negara Dan Asas-Asas. Umum Pemerintahan Yang Baik, UNY Press, Yogyakarta.

Fandy. Tjiptono. 2005. Strategi Pemasaran. Penerbit Andi : Yogyakarta.

Gespresz, Vincent. 1997. Manajemen Kualitas. Jakarta: Gramedia.

Gibson, James, L., Et Al. (1987) Organisasi Dan Manajemen: Perilaku, Struktur,. Proses. Binarupa Aksara, Jakarta.

Hakim,Abdul, 2004 “Ekonomi Pembangunan” Penerbit Bpfe Yogyakarta.

Hardiansyah .2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Ibrahim,Amin. 2008. Teori Dan Konsep Pelayanan Publik Serta. Implementasinya. Jakarta: Mandar Maju.

Irawan, 2006. Peneltian Kualitatif Dan Kuantitatif Untuk Ilmi-Ilmu Sosial, Jakarta: Departemen Ilmu Administrasi Fisip-Ui.

Yeremias T.Keban. Kirom, Bahrul. 2015. Mengukur Kinerja Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Kumorotomo, Wahyudi. 1996. Akuntabilitas Birokrasi Publik: Sketsa Pada Masa Transisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Lovelock And K. Wright Lauren, 2005.Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Pt. Indeks Kelompok Gramedia.

Mangkunegara ,2000, Manajemen Sumber Daya Manusia,. Bandung. Pt, Remaja Rosdakarya. Bandung

Mathis.L.Robert Dan Jackson.H.John. 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia,. Jakarta: Penerbit Salemba Empat

Moenir, H.A.S. 2008. Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: Bumi Aksara .

Nasution, 2004, Manajemen Jasa Terpadu. Bogor Ghalia Indonesia

Nurmandi, Achmad. 2010: Manajemen Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan,Dan Iplementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Prawirosentono, Suryadi. 2008. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Bffe

Ratmino, Dan Atik Septi Winarsih. 2006. Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar.Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Ridwan Dan Ahmad Sodik Sudrajat, 2009, Hukum Administrasi. Negara Dan Kebijakan Pelayanan Publik, Nuansa, Bandung.

Sedarmayanti 2003: Manjemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Universitas Trisakti.

Sinambela, lijen poltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sinamo, Jansen H.2005: Etos Kerja 21: Etos Kerja Progfesional Diera Digital Global Edisi 1. Jakarta: Institut Darma Mahardika

Subrata,Gato,S,Kom. 2009. Automasi Perpuatakaan, Jurnal Pustakawan Perpustakaan UM, Oktober 2009..

Subri. 2003. Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Pt Raja Grafindo.

Sugiarto, 2002, Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa, PT Gremedia Pustaka. Utama, Jakarta

Tika, P. 2016: Biday Organisasi Dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Pt. Bumi Aksara Jakarta.

Tjiptono, Fandy, 2004, Manajemen Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Winardi. 2000. Teori Organisasi Dan Pengorganisasian. Jakarta: Rajawali Press.

Peraturan Perundang-Undangan
➢ Pasal 1 UU No. 24 Tahun 2013
➢ UU No. 22 Tahun 1999
➢ UU No. 32 Tahun 2004

Rujukan Elektronik
➢ https://peraturan.bpk.go.id
➢ https://www.djpk.kemenkeu.go.id
➢ https://pih.kemlu.go.id
➢ https://ips-abi.blogspot.com

 File PDF skripsi_201622215.pdf


 
Next Prev